Wednesday, April 2, 2014

chemistry in action

Salah satu upaya pengurus HMK "OKSIGEN" 2014 sebagai fasilitator mahasiswa kimia Universitas Negeri Malang ialah melalui acara Chemistry In Action (CIA). Dengan jiwa idealisme mahasiswa yang kritis terhadap suatu permasalahan, diharapkan mahasiswa juga mampu menemukan solusinya. selain itu, tak hanya berupa pemecahan masalah, sekaligus sumbangsih ide-ide inovatif pun sering kali dimunculkan mahasiswa. Dengan adanya CIA mahasiswa mampu menulis ide-ide tersebut secara lebih sistematis. CIA mewadahi mahasiswa Kimia UM yang memiliki ide-ide untuk disalurkan dalam bentuk tulisan, berupa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).
CIA 1 membahas tentang PKM KT yang meniliki dua sub acara. Acara pertama ialah bedah petunjuk PKM KT 2014, berupa pengarahan-pengarahan sistematika menulis sesuai dengan panduan PKM 2013, sekaligus pembuatan judul dan rumusan masalah yang kemuadian dilanjutkan sub acara berikutnya, yang dilakukan 2 minggu setelahnya. Sub acara kedua mengenai bedah masalah. Para peserta yang telah mau merintis PKMnya diminta untuk menyampaikan seluruh masalah yang ditemui selama merintis PKM, dan para pemateri nantinya akan mencoba memberi solusi.
Berikut adalah pemateri CIA 1
1.      Rifky Luthfidiyanto: mahasiswa biologi UM yang PKMnya berhasil tembus PIMNAS 2011. Pada CIA 1 sesi 1 kemarin beliau menceritakan pengalaman beliau mulai dari awal pembuatan PKM hingga berhasil lolos PIMNAS. Pada sesi 2 beliau mengisi bedah masalah, menjawab kesulitan yang dihadapi peserta saat pembuatan PKM.

2.      M. Mukhlis Saktiyawan: mahasiswa kimia UM yang PKMnya didanai Dikti tahun 2014.  Pada CIA 1 kemarin beliau menyampaikan motivasi kepada para peserta untuk lebih bersemangat dalam pembuatan PKM

3.      M. Amil Buston: mahasiswa fisika yang PKMnya berhasil tembus PIMNAS 2011. Pada CIA 1 beliau mengisi bedah petunjuk, menjelaskan teknis pembuatan PKM agar diperhitungkan oleh pihak Dikti

Acara CIA ini mendapat dukungan penuh dari Ketua Jurusan Kimia UM, Drs. H. Sutrisno, M.Si., beliau menyanggupi untuk memfasilitasi mahasiswa kimia UM yang ingin membuat PKM.

No comments:

Post a Comment